Selasa, 09 Juli 2013

Informasi Wisata Di Bali

Jalur Penerbangan

Bandara Ngurah Rai Bali dilayani 15 maskapai penerbangan internasional. Sampai sekarang Singapore Airlines dan Garuda Indonesia memiliki frekuensi penerbangan paling tinggi. Tersedia juga layanan penerbangan oleh Maskapai Penerbangan dalam negeri yang menghubungkan Bali dengan Surabaya, Jakarta, Yogyakarta, dan kota-kota besar di Indonesia. Kebanyakan maskapai penerbangan menempuh jarak pendek dari dan ke Singapura, Jakarta, Kuala Lumpur, Bangkok, Hong Kong, Taipei dan bandara utama di Australia dan Jepang. Biasanya, maskapai penerbangan internasional langsung terbang ke Bali atau transit melalui salah satu lapangan udara terdekat.

Bandara 

Bandara internasional Ngurah Rai sering disebut Denpasar atau DPS on air ticket, melayani semua penerbangan domestik dan internasional. Bandara letaknya strategis menghubungkan kawasan wisata di Bali: 30 menit ke Sanur, 15 menit ke Nusa Dua, 60 menit ke Ubud, 40-50 menit ke Tabanan/Tanah Lot, 20-30 menit ke Kuta. Tersedia taxi resmi bandara yang melayani penumpang dari bandara ke semua tempat di Bali dengan harga sekitar (US$ 2.50-$45.00). Bagi rombongan tour secara istimewa ditemui oleh staff perwakilan DMC (Destination Management Company) yang mengatur proses transportasi ke
hotel/villa.

Retribusi Bandara

Rp. 100.000,- (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah) per orang yang mendarat dengan penerbangan internasional, sedangkan Rp. 35.000,- (Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah), bagi yang mendarat dengan penerbangan domestic. Jalur Darat

Jalur Darat

Setelah menyeberang di Pelabuhan Ketapang – Gilimanuk, bus bus umum menuju ke Terminal Ubung di Denpasar dengan waktu tempuh sekitar 3 jam berkendara. Semua kendaraan jalur darat melintasi jalur propinsi dengan kualitas aspal hot mix yang mulus, namun cukup padat, dan banyak tikungan di jalur hijau ini. Perlu kesabaran dan kewaspadaan bagi pengendara. Pastikan rem, lampu, klakson, ban dan mesin kendaraan dalam kondisi layak jalan jarak jauh.

Terminal

Bus jurusan Probolinggo, Malang, Surabaya paling banyak beroperasi di Terminal Ubung, selain juga bus-bus jurusan Lombok, dan angkutan kota untuk jalur antar kota di Bali. Jam pemberangkatan bis kelas business dari pagi sampai pukul 21.00 WITA, selebihnya dilayani bus ekonomi. Khusus untuk hari besar (Maulud Nabi, Natal. Lebaran), jam pemberangkatan sering maju atau lebih awal, dan terjadi kelangkaan bila tidak ada penambahan armada. Pembelian tiket bus dapat dilakukan lewat agen perjalanan, atau membeli (tawar-menawar) di terminal. Cerdiklah menawar dan memastikan kualitas bus pilihan Anda!

Angkutan Kota

Meskipun tak sebanyak di P.Jawa, masih tersedia angkotan umum untuk beberapa jalur di kota Denpasar dan sekitarnya setiap hari. Tarif dasar untuk jarak pendek 2 km per orang Rp. 3000 – Rp.6000,- selebihnya bervariasi bergantung jumlah barang. Operasi angkutan umum rata-rata sampai pukul 22.00 dan hanya melayani jalur-jalur tertentu, semisal Kreneng- Sanur.

Taxi

Pelayanan Taxi tersedia 24 jam dengan bermacam operator Taxi di seluruh wilayah Bali. Harga dihitung menurut Cargo atau bergantung kesepakatan dengan sopir. Pastikan anda sepakat dengan tariff sebelum naik. Start awal mulai dari Rp.5000,-, dan biaya per kilometer adalh Rp.4000. Tarif tunggu Rp.30.000 per jam.

Rental Motor

Persewaan kendaraan roda 4, roda 2, bus mudah ditemukan di pinggir-pinggir jalan besar, misalnya jalan utama di Denpasar, Kuta, Legian. Juga tersedia operator rental mobil & sepeda motor resmi. Harga dan tipe kendaraan bervariasi dengan bermacam fungsi guna persewaan: sewa bisnis, sewa tour, sewa perorangan.

Mesin ATM

ATM (Automated Teller Machines) tersedia di tempat-tempat umum yang mudah dijangkau, semisal di Mall, Restoran, pusat-pusat pertokoan.

Komunikasi Email & Internet

Koneksi internet banyak tersedia dengan bermacam provider. Warung internet, Internet café, fasilitas Wi-Fi, Hot Spot mudah ditemukan di setiap ruas jalan, khususnya jalan utama di Bali, juga di hampir semua hotel menyediakan fasilitas internet dengan harga rasional.

Telepon & Fax

Kode Internasioanl Indonesia yaitu +62. Fasilitas roaming internasional dapat menghubungkan pengguna telepon, kecuali di beberapa daerah pelosok di Bali. Toko HP, Pulsa, Kartu Telepon dengan bermacam merk tersebar di seluruh wilayah Bali. Jasa pelayanan informasi, silahkan menghubungi 108, atau operator tour & hotel Anda. Hotel dan Resort menyediakan fasilitas telepon saluran internasional.

Bahasa

Bahasa Indonesia dan bahasa Bali menjadi bahasa publik dan pergaulan bagi warga Negara Indonesia di Bali. Sementara bahasa Ingris menjadi bahasa lisan dan tulisan yang paling sering dipakai di kawasan wisata dan bisnis pariwisata. Sangat mudah mencari pemandu wisata atau penerjemah bahasa asing (Jepang, Mandarin, Rusia, Italia, Belanda) di Bali. Tak ketinggalan, jasa jasa kursus bahasa asing dan bahasa Indonesia tersedia.

 Media Massa

Koran – Majalah – Booklet tersedia di tempat umum untuk WNI, atau para ekspatriat, dan wisman. Koran Lokal, Nasional dan Internasional meramaikan Bali. Hampir semua media memakai Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Cakupan informasi beragam, khususnya informasi iklan wisata, dan produk barang/ jasa.

Fasilitas Kesehatan

Banyak hotel memberikan pelayanan dokter panggil, juga klinik kesehatan. Fasilitas kesehatan dan staff internasional juga tersedia, semisal BIMC yang beroperasi 24 jam, & 7 hari seminggu. Bali juga memiliki Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah,yang memiliki falisitas penanganan trauma dan donor darah modern. Apotik, dan farmasi banyak tersedia. Sangatlah berguna bila Anda membawa resep dokter, atau catatan sejarah kesehatan untuk membantu diagnosa yang tepat terkait keluhan-keluhan yang diderita.

Penginapan

Tersedia pelayanan hotel resort sesuai dengan pilihan dan kocek Anda. Kawasan Bali bisa dibagi menjadi kawasan: Utara (Lovina, Pemuteran), Selatan (Jimbaran, Denpasar, Kerobokan, Kuta, Legian, Nusa Dua, Sanur, Seminyak, Tanjung Benoa, Tuban), Barat (Canggu, Tabanan), Timur (Amed, Candi Dasa, Lembongan, Manggis), Tengah (Bedugul, Ubud) Pesona Pantai, Gunung, desa tradisional dan hiburan metropolis bisa ditemukan dan rasakan di Pulau Dewata

Kependudukan

Populasi di Bali sekitar 3 juta juwa tersebar di 8 kabupaten, dan yang terpadat di kawasan selatan.

Agama

Sebagian besar memeluk agama Hindu, dan sebagian kecil memeluk Islam, Kristen dan Buddha.

Tempat Sembahyang

Bali adalah tanah seribu Pura. Di setiap tempat pasti dijumpai Pura dan setiap pagi/sore orang Bali memiliki ritual khusus, selain hari-hari besar yang telah ditentukan oleh adat & agama Hindu Bali. Bagi pemeluk agama selain Hindu, tersedia Gereja, Masjid, Vihara di beberapa tempat tertentu. Informasi jadual ibadah dan tempat dapat diperoleh di staff reseption hotel anda. Semua hidup berdampingan dan rukun bersaudara di Bali. Bahkan di kawasan Nusa Dua, ada komplek The Puja Mandala dekat Nusa Dua terdapat bangunan bersama untuk ibadah umat Hindu, Islam, Kristen, Budha.

 Tentang Bali klik disini